Manfaat Baca Novel Bagi Remaja Selain Menambah Pengetahuan


Jika dibandingkan dengan masa lalu, mungkin Mama jarang menemukan remaja yang suka membaca novel. Padahal membaca selalu menjadi cara terbaik untuk memperoleh pengetahuan dan sarana hiburan yang paling murah. Melalui membaca, anak dapat membuka diri terhadap informasi dan ide baru. Selain memberikan banyak informasi, membaca menambah nilai bagi orang-orang dari segala usia dan membantu menjalani kehidupan yang lebih baik.

Walaupun remaja diharuskan untuk sering buku pelajaran sekolah, membaca buku seperti novel juga memiliki beragam manfaat bagi aspek kehidupan remaja. Lantas apa saja manfaat membaca novel bagi anak remaja? Yuk simak manfaatnya yang telah rangkum di bawah ini!

Manfaat Bagi Kalian Untuk Membaca Novel

1. Membaca memperluas pengetahuan

Jika membaca buku pelajaran dapat membantu remaja mendapatkan nilai tinggi dalam ujian, membaca novel dapat membantu anak dalam menjalani kehidupan yang produktif. Membaca novel memperkenalkan anak pada hal-hal yang tidak ia ketahui sebelumnya. Jika anak mama menanamkan kebiasaan membaca novel, ia dapat memahami beragam topik secara mendalam. Semakin banyak ia membaca, maka semakin banyak pengetahuan yang diserapnya.

Dan seperti keterampilan lainnya, membaca juga bisa dikembangkan dengan latihan. Secara bertahap, dengan latihan, kapasitas anak untuk menyerap lebih banyak pengetahuan meningkat yang terbukti sangat membantu dalam memahami aspek penting kehidupan lainnya.

2. Memperluas kosa kata dan mempelajari bahasa baru

Sebagai seorang pelajar, anak harus selalu membaca sebanyak yang ia bisa, termasuk membaca novel. Membaca beberapa bagian novel setiap harinya, membantu remaja menjelajahi kata-kata baru yang akan memperluas kosakatanya. Saat anak menggunakan kata-kata baru dalam percakapan sehari-hari, ini tak hanya meningkatkan kualitas percakapan, tetapi juga bisa membantu anak merasa lebih percaya diri.

Beberapa novel juga dapat memperkenalkan anak pada bahasa baru, terutama jika menggunakan banyak bahasa asing. Selain mempelajari kata-kata baru setiap hari, anak juga akan mempelajari beragam dialek saat mempelajari bahasa baru, yang artinya dapat mengembangkan minat dalam berbagai budaya.

3. Membaca membangkitkan rasa ingin tahu dan haus akan pengetahuan

Jika anak mama memulai kebiasaan membaca, ia bisa mengembangkan kebiasaan untuk lebih banyak membaca. Ketika anak membaca karya-karya yang ditulis oleh para pemikir kreatif terbaik, ia mempelajari buku tersebut secara mendalam dan berusaha memahami pemikiran para pemikir besar. Ini juga meningkatkan imajinasi, memperluas pikiran, dan proses berpikir.

Menariknya, saat remaja membaca berbagai jenis buku, ia dapat memanfaatkan imajinasinya dalam lebih dari satu cara. Misalnya, buku novel selalu melibatkan imajinasi tentang seseorang. Oleh karena itu, ketika anak membaca novel, pikirannya dapat melompat ke depan cerita dan mencoba menebak klimaks dan adegan di seluruh cerita. Anak seakan-akan juga dibawa ke dunia yang berbeda, memvisualisasikan kehidupan karakter fiksi yang ada dalam buku.

Membaca memasok informasi dan pengetahuan yang dicari oleh pikiran. Inilah yang membuat remaja akan terdorong untuk menyelesaikan buku tersebut secepatnya.

Novel Persahabatan Terbaik Berbahasa Indonesia

Seperti menonton film, membaca novel merupakan salah satu kegiatan untuk melepas penat. Ada banyak sekali genre yang biasa diangkat dalam cerita novel mulai dari horor, misteri, romantis, keluarga, hingga persahabatan.

Seperti temanya, novel persahabatan umumnya berisi kisah-kisah inspiratif tentang hubungan pertemanan antara dua, sekelompok orang atau bahkan dengan hewan kesayangan. Berikut ini sudah ada 10 novel tentang persahabatan terbaik. Mungkin di antaranya juga sudah sempat kamu baca.

Rekomendasi Novel tentang Persahabatan

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi novel tentang persahabatan yang bisa kamu baca. Mungkin beberapa sudah ada yang difilmkan, namun tidak ada salahnya kamu mencoba baca novelnya dulu sebelum menonton filmnya. Sebab tidak semua film yang diadaptasi dari novel memiliki jalan cerita yang sama detailnya seperti apa yang ditulis di novel.

1. Teman Tapi Menikah

Jika kamu menyukai cerita yang ditulis dari kejadian nyata, novel Teman Tapi Menikah mungkin bisa jadi novel favoritmu.

Novel ini menceritakan kisah hidup kedua penulisnya sendiri. Penulisnya adalah seorang aktris, Ayudia Bing Slamet dan pemain perkusi, Ditto Percussion. Keduanya populer di media sosial berkat keberhasilannya lulus dari friendzone selama 13 tahun.

Ditto dan Ayu sudah berteman sejak SMP dan selama itu pula keduanya saling bergonta-ganti pasangan, bahkan double date. Namun, Ditto sebenarnya memendam perasaan terhadap Ayu dan tidak pernah mengungkapkannya selama bertahun-tahun.

Lika-liku persahabatan antara keduanya yang tidak sepenuhnya mulus dapat kamu baca selengkapnya dalam novel ini.

2. The Kite Runner

Meskipun novel ini dikarang penulis asing, The Kite Runner cukup populer di Indonesia.

Buku ini bercerita tentang dua sahabat Amir dan Hassan. Hassan merupakan anak pemberani, kuat dan serba bisa.

Sedangkan Amir adalah anak pemalu yang lemah dan sering diusili oleh teman-temanya. Keduanya orang ini sangat dekat, hingga suatu hari ada sebuah insiden yang membuat Hassan kecewa terhadap Amir.

keduanya pun mulai saling menjauh hingga beranjak dewasa. Suatu hari Amir bertemu dengan seorang anak yang diketahui ternyata merupakan putra Hassan.

Karena merasa menyesal ia mengangkat anak tersebut menjadi putranya sebagai upaya menebus kesalahanya pada sahabatnya tersebut.

3. Tetralogi Laskar Pelangi – Andrea Hirata

Tetralogi Laskar Pelangi adalah salah satu novel persahabatan paling populer. Novel ini terbagi menjadi empat buku yaitu laskar pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.

Secara garis besar, tetralogi Laskar Pelangi memotret kehidupan di sebuah desa terpencil dengan fasilitas pendidikan yang minim.

Meskipun gedung sekolahnya tidak layak dengan jumlah murid tidak lebih dari 10 anak, namun para laskar pelangi ini tidak patah semangat.

Selain mengandung banyak pesan moral, novel ini sekaligus menjadi jendela  untuk kita melihat kehidupan di daerah-daerah terpencil butuh bantuan untuk mendapat fasilitas yang lebih layak.

source : https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/jemima/manfaat-baca-novel-bagi-remaja-selain-menambah-pengetahuan/5 | https://www.tokopedia.com/blog/top-novel-persahabatan-rlt/


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *