Jenis Makanan Anti Virus Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Jenis makanan anti virus dalam upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Paling tidak ada beberapa macam makanan yang disarankan untuk di konsumsi. Dan masukkan dalam menu masakan maupun santapan harian anda.

Serangan virus corona yang tidak kunjung berakhir semakin membuat panik masyarakat Indonesia. Meskipun sudah ditemukan vaksin covid-19, namun tentang kehebatan vaksin corona ini juga belum terbukti ampuh. Di sisi lain juga tidak semua masyarakat kebagian suntikan vaksin corona.Dengan demikian sudah waktunya kita berupaya untuk meningkatkan kekebalan sistem tubuh secara mandiri. Untungnya alam menyediakan aneka jenis makanan anti virus untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Tahukah anda jika virus corona termasuk dalam daftar penyakit mematikan

Apa saja makanan alami yang dapat mencegah penularan virus corona. Ada beberapa yang disarankan untuk di konsumsi lebih dari pada jenis makanan lainnya. Meskipun sayuran dan buah buahan juga tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Bagi masyarakat yang peduli kesehatan tentunya akan berupaya untuk menjaga kesehatan secara mandiri. Meskipun demikian dalam kehidupan sehari hari jangan di lupakan saran pencegahan yang lain.

Sebagaimana diketahui meskipun sudah banyak pakar kesehatan yang membahas cara penularan virus corona. Namun pada kenyataanya semua upaya pencegahan bisa di katakan kurang berhasil. Hal ini terlihat masih banyaknya masyarakat yang terus tertular. Dengan demikian hingga saat ini belum dapat diketahui dengan pasti bagaimana sebenarnya penyebaran corona virus. Namun demikian anda tetap harus waspada demi mencegah serangan covid secara serius. Corona bukan virus sembarangan, sehingga harus diwaspadai secara maksimal dan teliti. Upaya pencegahan harus terus di upayakan, dengan :

Pakai sabun saat cuci tangan : Usahakan untuk sering sering cuci tangan sebelum memegang anggota tubuh lainnnya.

Kenakan masker : Udara bisa jadi menjadi penyebab utama penularan virus corona.

Selalu jaga jarak : Meskipun sulit dilaksanakan, paling tidak hindari tempat tempat berkumpulnya banyak orang

Pada kenyataanya hingga saat ini banyak masyarakat tetap bingung. Dari mana sebenarnya mereka tertular. Jangankan warga masyarakat yang setengah setengah dalam melakukan pencegahan virus corona. Para tenaga kesehatan yang sudah mengenakan APD lengkap saja masih bisa terinfeksi virus corona.

Makanan anti virus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nah mengingat sepak terjang penularan virus corona yang terus terjadi. Dan belum ada tanda tanda akan berakhir. Maka upaya anda saat ini hanya meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh. Dengan menjaga sistem kekebalan tubuh secara maksimal. Maka bisa terhindar dari wabah pandemi yang melanda dunia saat ini.

Bawang putih

Bawang putih salah satu bumbu penting dalam resep masakan enak. Kandungan senyawa bawang putih mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan zat aktif alliin dan allicin yang terdapat dalam bawang putih mampu meningkatkan kesehatan anda. Bahkan bawang putih juga mampu mencegah sekaligus mengobati penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan mencegah penularan virus corona. Caranya :

Ambil 1 siung bawang putih, haluskan

Madu murni 1 sendok makan

Campurkan secara merata

Minum sehari sekali

Adas bintang

Tumbuhan Illicium verum dengan buah bentuk bintang ini sering juga disebut sebagai adas bintang. Sebelumnya cukup ampuh untuk menangkal virus influenza. Ternyata adas bintang juga bisa diandalkan untuk menangkal pandemi virus corona seperti terjadi sekarang ini. Caranya :

Ambil adas bintang secukupnya

Teh hijau 1 sachet

Rebus dengan sir secukupnya

Jadi minuman harian anda

Minyak kelapa

Sudah sejak jaman nenek moyang minyak kelapa digunakan sebagai pengobatan. Bahkan cukup ampuh sebagai penetral racun tubuh setara dengan khasiat air kelapa ijo. Saat keracunan makanan juga bisa disembuhkan dengan minum sedikit minyak kelapa langsung. Nah kandungan asam laurat dan asam kaprilat yang terdapat dalam minyak kelapa mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penularan virus termasuk corona. Caranya :

Sediakan jahe biang 1 kerat

Adas bintang secukupnya

Madu murni 1 sendok makan

Minyak kelapa 1 sendok teh

Rebus jahe dan adas bintang ( untuk 1 gelas )

Tambahkan madu dan minyak kelapa

Sistem kekebalan tubuh anda harus segera di tingkatkan mulai dari sekarang. Pada hakekatnya kesehatan tubuh harus di tunjang dari berbagai macam bahan makanan. Vitamin dan mineral serta buah dan sayuran sudah seharusnya menjadi makanan favorit anda.

Jenis Tanaman Obat Tradisional dan Manfaatnya

Jenis Tanaman Obat Tradisional dan Manfaatnya

Ada cukup banyak jenis tanaman obat tradisional berupa rempah rempah dan tanaman yang dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Inilah jenis tanaman tradisional nusantara yang memiliki manfaat untuk kesehatan keluarga.

Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah dengan segala tumbuh tumbuhan yang berguna untuk dijadikan sebagai pengobatan herbal. Sebagian besar obat herbal berupa rempah-rempah & tanaman obat.

Buah Manggis

Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi yang berasal dari daerah tropika yang diyakini berasal dari

Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara.

Pohon manggis bisa tumbuh tinggi mencapai 7 hingga 25 m. Kulit buah manggis  berwarna merah keunguan. Rasanya manis sedikit asam. Tahukah anda ternyata buah manggis ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, seperti :

⇒Menurunkan berat badan

⇒Meningkatkan daya tahan tubuh

⇒Mengontrol kadar gula darah

⇒Meredakan radang sendi

⇒Mencegah penyakit kanker

Meskipun bermanfaat, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka buah manggis juga bisa mendatangkan kerugian dan mengganggu kesehatan anda, seperti :

⇔Dapat memperlambat pembekuan darah

⇔Bisa menyebabkan asidosis laktat

⇔Mengganggu proses kemoterapi

⇔Dapat menyebabkan masalah gastrointestinal

⇔Bagi orang tertentu bisa menyebabkan alergi

⇔Cenderung menyebabkan komplikasi selama kehamilan

Sereh / Serai

Serai atau sereh adalah semacam tumbuhan yang termasuk didalam anggota suku rumput-rumputan. Batang sereh bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur sebagai pengharum makanan.

Nah selain bermanfaat untuk menambah harum masakan, ternyata batag serai ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti :

⇒Menangkal penyakit karena kaya kandungan zat antioksidan

⇒Sebagai Aromaterapi pengusir nyamuk

⇒Mencegah naiknya kolesterol, karena memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan sifat anti-hiperkolesterolemia

⇒Detoksifikasi, membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya

⇒Mengobati insomnia, menenangkan otot-otot dan saraf

⇒Mengobati infeksi saluran kencing

⇒Mengatasi sindrom prahaid, merangsang organ ginjal untuk mengeluarkan banyak urine

Jeruk Lemon

Jeruk lemon merupakan buah dari tanaman Citrus limon. Buahnya berbentuk bulat sedikit memanjang. Memiliki kulit tebal dengan warna kuning cerah jika sudah tua.

Pada umumnya jeruk lemon banyak di gunakan sebagai pelengkap masakan, sebagai penyedap maupun pengharup masakan, disamping itu juga sebagai penghilang bau amis pada ikan atau daging ayam.

Memiliki banyak nama di beberapa tempat, seperti : Sitrun atau limun atau limau atau lemon. Lantas apa saja manfaat kesehatan dari jeruk lemon ini.

⇒Menurunkan risiko terserang penyakit stroke

⇒Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

⇒Membantu mengobati kerusakan hati

⇒Mencegah terbentuknya batu ginjal

⇒Mencegah masuknya bakteri penyebab diare

⇒Membantu sistem pencernaan dalam tubuh

⇒Membantu menjaga kekebalan tubuh

Daun Seledri

Daun seledri paling sering kita lihat sebagai bahan taburan kuah bakso maupun pelengkap masakan lainnya. Di sisi lain daun seledri juga sebagai tumbuhan obat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, yuk kita lihat :

⇒Menurunkan tekanan darah, karena kandungan kalium, antioksidan, dan senyawa phthalide

⇒Mengontrol berat badan, karena memiliki kalori rendah dan tinggi serat.

⇒Memelihara kesehatan jantung, kandungan kalium dalam seledri mampu menurunkan tekanan darah

⇒Menjaga saluran pencernaan dan juga mencegah sembelit.

⇒Mengontrol gula darah, kandungan antioksidan dalam seledri menyehatkan pankreas.

⇒Memperlancar menstruasi, kandungan mineral di dalamnya juga mampu melemaskan otot perut.

⇒Mengurangi risiko kanker, kandungan flavonoid dan vitamin C mampu mencegah kerusakan sel tubuh

source : https://saelekko.com/jenis-makanan-anti-virus/ | https://saelekko.com/jenis-tanaman-obat-tradisional-dan-manfaatnya/


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *